Selasa, 12 April 2011

Profil Kecamatan Tanjung Priok

Nama salah satu kecamatan di Jakarta Utara. Tanjung Priok merupakan kota pelabuhan terbesar di Indonesia yang terletak sekitar 11 km sebelah utara Kota Jakarta. Sebagian besar penduduk di Tanjung Priok menjadi pegawai atau pekerja pada berbagai jawatan pelabuhan atau perusahaan perkapalan.

Pelabuhan Tanjung Priok

Di pelabuhan ini terdapat beberapa perusahaan perkapalan nasional terbesar, diantaranya Jakarta Lloyd, Pelni, dan Inaco. Disamping itu banyak terdapat pedagang-pedagang kecil dipasar, dan toko-toko milik pedagang Tionghoa. Rencana kedepan Tanjung Priok akan dikembangkan sebagai kawasan industri, mengingat fungsinya sebagai kota pelabuhan.

Bongkar Muat

Di pelabuhan ini dapat berlabuh 5 atau 6 kapal. Dari sini ada hubungan kereta api dengan Stasiun Priok, sehingga barang-barang dari kapal segera dapat dimuat dikereta api dan dikirim ke tempat-tempat lain. Tanjung Priok mempunyai 3 tempat berlabuh. Di tempat itu kapal-kapal berderet-deret menunggu waktu berangkat.

Stasiun Tanjung Priok

Di pangkalan sibuk, alat-alat bermotor pengangkut barang lalu lalang membawa muatan ke kapal atau sebaliknya. Barang dari kapal yang tidak terus diangkat keluar pelabuhan disimpan di gudang-gudang yang letaknya sepanjang pelabuhan. Kesibukan di pangkalan memuncak menjelang keberangkatan kapal, karena para penumpang datang diantar keluarga atau handai taulan. Namun demikian seperti halnya di kota pantai lainnya, Tanjung Priok menghadapi bahaya penyakit malaria. Berkat usaha jawatan kesehatan setempat penyakit tersebut berangsur-angsur lenyap.


sumber : http://www.jakarta-utara.com/priok/about-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar