Jumat, 08 April 2011

Cara menghilangkan bau pada kaki

Bau pada kaki

Masalah bau pada kaki adalah salah satu permasalahan yang mungkin tidak bisa dihindari oleh semua orang. Bau kaki ini bisa disebabkan oleh sepatu yang sudah usang tidak pernah dicuci atau karena kaki yang sering mengeluarkan keringat.

Malu rasanya ketika harus membuka sepatu saat memasuki rumah orang, dan tercium bau kaki kita. Kaki yang bau ini biasanya disebabkan oleh keringat yang mengendap pada kaki, serta bercampur bakteri. Kurangi bakteri pada sepatu dengan cara sering mencuci bagian dalamnya. Kita juga bisa menambahkan bantalan khusus yang dapat menyerap keringat yang banyak dijual di toko-toko kesehatan.

Jika ternyata belum berhasil juga, ikuti beberapa tips dibawah ini untuk meminimalisisr bau pada kaki:

Siapkan cuka dan air, dengan perbandingan 1:2, tuang ke dalam ember agar cukup untuk merendam kaki kita. Rendam kaki kita setiap malam untuk mengurangi bakteri penyebab bau yang ada di kaki. Atau rendam kaki kita dalam satu ember air teh hitam dingin setiap hari. Tanin pada teh dapat membunuh bakteri dan menutup pori-pori pada kaki agar kaki dapat kering lebih lama. Bakteri biasa hidup dan berkembang biak di daerah yang lembab. Kita akan melihat hasilnya setelah melakukan ritual ini beberapa hari hingga 1 minggu.

Masih juga belum berhasil untuk menghilangkan bau pada kaki? Ikuti beberapa tips menghilangkan bau kaki lainnya dibawah ini:

1. Istirahatkan kaki dan beri udara
Caranya dengan sesering mungkin mengistirahatkan kaki, copotlah sepatu pada saat-saat tertentu. Sebagai alternatifnya kita bisa gunakan sandal agar kaki tidak terus tertutup dan mendapatkan cukup udara.

2. Rendam kaki dalam air garam
Sekali dalam seminggu rendam kaki dengan air hangat yang sudah diberi garam. Lakukan cara ini selama 10-15 menit agar kuman penyebab kaki bau hilang.

3. Gunakan kaos kaki katun
gantilah kaos kaki setiap hari serta rajin-rajinlah untuk mencucinya. Pilihlah kaos kaki dari bahan kain katun atau bahan yang tidak menyerap keringat.

4. Buang lapisan kulit mati
Bisa dengan cara menggosok-gosokkan telapak kaki dilantai pada saat mandi. Jangan lupa menggunting kuku kaki agar tidak menjadi sarang kuman.

5. Menjaga pola makan
Berhati-hatilah dalam mengonsumsi makanan karena bisa jadi makanan tersebut dapat menimbulkan bau pada kaki. Salah satu makanan yang dapat menyebabkan kaki serta badan bau adalah bawang bombay. (Sumber: www.cerita-dewasa.info)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar