SISTEM PAKAR
Pendahuluan
Subsistem CBIS yang menarik paling banyak perhatian dari ilmuwan Komputer dan spesialis informasi.
Sistem Pakar merupakan Sub Sistem CBIS yang menarik, terdiri dari :
1. Sistem berbasis pengetahuan (knowledge based system)
2. Kecedasan buatan ( artificial Intelligent)
Bentuk sistem berbasis pengetahuan yang populer adalah sistem pakar (expert system) yang mempunyai 4 bagian utama yaitu :
1. User interface
2. Inference engine
3. Devolopment engine
4. Knowlagde base
B. KOMPONEN SISTEM PAKAR
1. User Interface
User interface memungkinkan manajer untuk memasukkan instruksi dan informasi ke dlm sistem pakar dan menerima informasi dari sistem pakar.
a. Input Sistem Pakar
User interface dirancang untuk mempermudah dialog dua arah antara sistem & pemakai dgn menampilkan teknik tanya-jawab dan pengisian formulir kemudian muncul bahasa perintah dan menu speadsheet elektronik dan sistem manajemen data base (DBMS)
b. Output Sistem Pakar
Sistem Pakar dirancang untuk menyarankan pemecahan. Pemecahan ini dilengkapi dengan penjelasan :
Ø Penjelasan atas pertanyaan
Ø Penjelasan atas penyelesaian masalah
2. Knowledge Base
Knowlage base memuat fakta-fakta yang menjelaskan area masalah danjuga teknik menerangkan masalah yang menjelaskan bagaimana fakta fakta tersebut cocok satu sama lain dalam urutan yang logis.
3. Inferance Engine
Bagian dari Sistem Pakar yang melakukan penalaran dengan menggunakan knowledge base berdasarka urutan tertentu.
a. Penaran Maju
Penalaran maju disebut juga forward chaining dimana sistem pakar akan menguji apakah setiap kondisi benar atau salah.
b. Penalaran Mundur
Penalaran mundur disebut juga backward chaining yaitu pemilihan suatu aturan dan menganggapnya sebagai masalah yang harus diselesaikan.
Membandingkan Penalaran Maju & Penalaran Mundur
Penalaran mundur bergerak lebih cepat dari penalaran maju karena penalaran mundur tidak harus mempertimbangkan semua aturan dan tidak membuat beberapa putaran melalui perangkat atauran.
Penalaran mundur sangat sesuai jika:
Ø Terdapat variabel sasaran berganda ( multiple goal variable)
Ø Terdapat banyak aturan
Ø Semua atau hampir semua aturan tidak harus diuji dalam proses mencapai pemecahan.
4. Development Engine
Komponen utama sisem pakar adalah development engine, yang digunakan untuk menciptakan sistem pakar. Ada 2 pendekatan dasar yakni :
1. Bahasa Pemrograman
2. Shell sistem pakar
5. Kecerdasan Buatan
Kecerdasan buatan (artificial Intelligence A/I) adalah : Kegiatan memberikan pada mesin ( komputer) kemampuan untuk menampilkan prilaku yang dianggap cerdas.AI pertama kali diperkenalkan pada tahun 1956 dgn program komputer pertama disebut logic theorist ( pembuktian teorima kalkulus). AI sedang diterapkan dibidang bisnis dalam bentuk sistem berbasis pengetahuan ( knowledge base system), jenis yang paling popular adalah program komputer yang memcoba untuk mewakili pengetahuan aturan yakni aturan praktis ( rule of thumb) dan aturan dugaan ( rule of good guessing).
C. KEUNTUNGAN SISTEM PAKAR BAGI MANAJER
- Mempertimbangkan lebih banyak alternatif
- Menerapkan logika yang lebih tinggi
- Menyediakan lebih banyak waktu untuk mengevaluasi hasil keputusan
- Membuat keputusan yang lebih konsisten
Keuntungan Sistem Pakar bagi Perusahaan :
1. Kinerja perusahaan yang lebih baik
2. Mempertahankan pengendalian atas pengetahuan perusahaan
Kerugian Sistem Pakar :
- Tidak dapat menangani pengetahuan yang tidak konsisten
- Sistem Pakar tidak dapat menerapkan penilaian dan intuisi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar